Cara Mudah Membuat Tulisan Arab pada Ms Word 2007 dan 2010



Membuat Tulisan Arab di Ms Word 2007 .Terkadang kita sering bertanya tanya kok bisa ya orang lain membuat sebuah tulisan dengan ada sisipan tulisan arabnya? Saya sendiri awalnya merasa bingung ingin rasanya menuliskan do’a do’a atau ayat ayat Al-Qur’an di dalam Microsoft word 2007 atau 2010. Sebelum menemukan postingan seperti ini sumpah deh saya blank sama sekali. Tapi ternya eeh ternyata gampang banget caranya ya? Piker saya waktu itu loh…. Untuk itu saya pun ingin berbagi ilmu lagi dengan saudara sekalian tentang cara menuliskan tulisan bahasa arab di microsoft word 2007.
Berikut caranya :

Pertama tama yang harus sobat persiapkan adalah CD Windowsnya kalau belum punya pinjem aja ke temen atau kalau temen gak punya beli aja dehh… Tapi gak perlu beli deh karena anda tinggal searching aja di mbah
google. Setelah sudah ada CD Windowsnya pegang aja dulu awas jangan sampai hilang lohh…. Hehehe.

Langkah selanjutnya buka control panel kemudian klik ganda pada Regional and Language Options.

Lalu akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini kemudia buka tab Languages, kemudian beri tanda centang pada Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai), Jikamuncul popup klik saja OK. Lihat gambar!

 Gambar 1


Sekarang masih pada jendela yang sama, buka tab Advanced. Beri tanda centang pada 10004 [MAC-Arabic] kemudianklik Apply dan OK. Lihat gambar!




                                                                         Gambar 1

Kemudian muncul permintaan untuk memasukkan CD Windows anda, Masukkan CD windows anda ke CD Rom kemudian klik OK maka windows akan melakukan copy beberapa file yang dibutuhkan. Jika ada permintaan restart, restart saja.

 Sekarang masih pada jendela Regional and language options, buka tab Languages kemudian klik Details .

Lalu di jendela yang muncul klik Add .

Lalu pada input languages pilih Arabic [Saudi Arabia] kemudian klik OK. klik OK lagi.

Kemudian pada taskbar pastikan language bar telah muncul. Jika sudah muncul klik pada language bar kemudian pilih AR Arabic (Saudi Arabia).

Nah sekarang sobat sudah bisa mengetik arab di Ms Word. Agar tulisan dari kanan ke kiri aktifkan terlebih dahulu Right-to-Left Text Direction.

Sekarang sampai sini sobat telah dapat menulis arab di Ms Word, namun untuk angka arabnya masih belum bisa. Untuk itu Klik kanan pada Toolbar Microsoft windows anda pilih Customize Quick Access Toolbar.

Lihat Gambar!

 Gambar 3


                                                                      Gambar 4

Klik advance, pada panel sebelah kanan  cari Show document content. Pada pilihan numeral ubah Arabic pada month name nya pilih Context dan klik OK. Kalau sudah berhasil pada language bar di pojok kanan bawah aka nada pilihan AR untuk Arab, EN untuk English. lihat gambar!


Gambar5


Selesai deh , sampai disini anda telah dapat menggunakan Ms Word untuk mengetik huruf arab beserta angkanya. Untuk merubah bahasa klik pada language bar kemudian pilih EN English.

Sampai disini pembahasan kita tentang Cara Mudah Membuat Tulisan Arab pada Ms Word 2007 dan 2010

Posted by syamsul arifin On Thursday, June 7, 2012 10 komentar
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 10 komentar

July 9, 2012 at 6:12 AM

Thanks kawan infonya....

Terimakasih epul atas Komentarnya
September 20, 2012 at 2:26 PM

ini yang dicarai-cari.
menarik, perlu dicoba dulu.
menuju tkp.

Terimakasih tips word atas Komentarnya
November 3, 2012 at 8:10 PM

Keren gan

Terimakasih Multi Info atas Komentarnya
November 3, 2012 at 8:10 PM

sip dah yes

Terimakasih Jihan atas Komentarnya
November 28, 2012 at 2:07 PM

saya suka, dan saya meninggalkan komentar :)

Terimakasih cantik atas Komentarnya
November 28, 2012 at 2:08 PM

makasih infonya

Terimakasih Koleksi Dunia atas Komentarnya
November 28, 2012 at 2:09 PM

mampir balik ya gan

Terimakasih Buitenzorg atas Komentarnya
January 20, 2013 at 1:32 PM

sipp,,

Terimakasih sera izuka atas Komentarnya
July 30, 2013 at 9:12 PM

ohhh.. pantes ane coba gk bisa2
ternyata harus pake acara diinstal lagi :D

terima kasih infonya gan, kalo bisa minjem cdnya juga gan hehehehe :)

Terimakasih Putra atas Komentarnya
ade
March 25, 2014 at 6:14 PM

mksh sobat

Terimakasih ade atas Komentarnya

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel Tips dan Trik Syamarif , Blog ini sudah dofollow silahkan tinggalkan komentar anda.
Harap tidak membuat SPAM