Pin BB

Monggo diinvite ya 765cb6f6

Cara bikin USB extender pake kabel UTP

Jadi ya bikin sendiri aja USB ekstender. Bahan-bahan :
 Gambar.1

1. kabel USB biasa, standard aja yg 1 m atau 0.5m.
2. kabel LAN / kabel UTP buat jaringan.

Langkah 1 : Kabel USB di test dulu pake USB flash disk di komputer, masih berfungsi atau nggak. Kalau masih OK, potong jadi 2 bagian. Biasanya ada warna merah, hitam, dan putih, hijau. Merah dan hitam biasanya untuk tegangan daya 5V. Hijau putih biasanya merupakan kabel data USB.
Langkah 2 : Potong dan kupas ujung-ujung kabel LAN. Dari kabel LAN ini ada 8 warna. Dari 8 ujung kabel LAN tadi, gabungkan beberapa pasang sehingga tinggal 4 ujung kabel LAN.

* gabungan kabel putih oranye dengan oranye (2 kabel jadi 1)
* kabel putih hijau (1 kabel)
* kabel hijau (1 kabel)
* gabungan kabel putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel jadi 1)


Gambar.2



Langkah 3 : Sambung ujung-ujung kabel USB dengan ujung kabel LAN sbb :

* putih oranye - oranye (2 kabel) (UTP) = merah (USB)
* putih hijau (1 kabel) (UTP) = putih (USB)
* hijau (1 kabel) (UTP) = hijau (USB)
* putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel) (UTP) = hitam (USB)

Pastikan masing-masing sambungan di isolasi pakai selotip dengan rapet

Langkah 4, paling penting : set USB port speed pada motherboard komputer agar menjadi USB 1.1, jangan USB 2.0. USB 1.1 punya kecepatan maksimum 10Mbps, jadi lebih reliable untuk di tarik jarak jauh dibandingkan dengan USB 2.0.
Gambar.3

Demikian penjelasan Cara bikin USB extender pake kabel UTP ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi ini. Artikel ini saya copas langsung dari blognya bang yudhi http://yudhim.blogspot.com/2009/06/cara-bikin-usb-extender-pake-kabel-utp.html. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di kotak komentar di bawah tulisan ini.

Posted by syamsul arifin On Tuesday, April 10, 2012 2 komentar
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

May 20, 2012 at 8:34 PM

Oh ternyata begini cara buatnya .
bagus postingannya sob..
^^

Terimakasih Jusushare atas Komentarnya
May 23, 2012 at 10:44 PM

makasih sob...

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel Tips dan Trik Syamarif , Blog ini sudah dofollow silahkan tinggalkan komentar anda.
Harap tidak membuat SPAM