Pin BB

Monggo diinvite ya 765cb6f6

Cara install windows XP sp3


Di sini kita akan mencoba membuat sendiri sebuah CD Instalasi (installer) Microsoft Windows XP lengkap dengan Service Pack 3 RC1 yang masih dalam tahap Beta.

Menyiapkan data

Mula-mula, anda harus memiliki ruang harddisk yang cukup banyak untuk membuat sebuah CD baru (di sini kami rekomendasikan sekitar 1 GB). Siapkan pula sebuah CD instalasi Windows XP dan file Service Pack 3 yang telah anda download. Sediakan pula software untuk buring pada CD nantinya (di sini kita memakai Nero). Buat folder baru misalnya di direktori “D:\XPSetup” dan “D:\SP3”. Copy semua isi CD instalasi Windows XP yang anda miliki ke dalam direktori “XPSetup”. Anda harus menonaktifkan atribut “Hidden”. Klik menu “Tools-Folder option-View-Show hidden files and folders” pada Windows Explorer. Sekarang copy file Service Pack 3 tadi (nama file: windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe) ke folder “SP3”. Extract file SP3 tersebut melalui menu “Start-Run” dan ketik perintah “D:\SP3\windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe –x”. Setelah proses extract selesai, hapus file “windowsxp-kb936929-sp3-x86.exe” di folder “D:\SP3” karena tidak diperlukan lagi.

Mengekstrak boot sector

Agar CD instalasi nantinya dapat berjalan saat komputer booting, anda dapat menggunakan software Bart’s Boot Image Extractor (BBIE) yang dapat anda download dari internet dengan mudah. Extract file ini (misalnya ke folder “D:\BBIE”) kemudian jalankan menu “Start-Run” dan ketik perintah “D:\BBIE\bbie x:” (x merupakan drive dari CD instalasi Windows XP aslinya). Pada folder BBIE akan muncul file boot sector “image1.bin”.

Menyatukan data

Untuk menggabungkan file-file instalasi Windows XP dan Service pack-nya, jalankan menu “Start-Run” dan ketik perintah “D:\SP3\i386\update\update.exe /integrate: D:\XPSetup”

Mem-burning CD instalasi

Langkah terakhir dari proses ini adalah burning CD. Jalankan Nero dan pilih option “CD-CDROM (Boot)” dalam kotak dialog “New compilation”. Buka tab “Boot” dan aktifkan radiobox “Image file”. Browse ke folder “D:\BBIE” dan pilih file “image1.bin”. kembali ke tab “Boot” dan pilih checkbox “Enable expert settings (for advanced users only!)”. pilih “No emulation” pada option “Kind of emulation”. Selain itu, pada kolom “Load segment of sectors (hex!)”, isikan nilai “07C0” dan nilai “4” untuk kolom “Number of loaded sectors” kemudian dilanjutkan dengan klik OK. Pada tampilan yang berikutnya muncul, pilih direktori “D:\XPSetup” dan masukkan semua file yang ada ke bagian panel burning. Klik tomobl “Burn” untuk memulai proses burning. Sampai saat ini proses pembuatan CD instalasi Windows XP SP3 telah berjalan lancar.

Posted by syamsul arifin On Saturday, March 31, 2012 0 komentar
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca artikel Tips dan Trik Syamarif , Blog ini sudah dofollow silahkan tinggalkan komentar anda.
Harap tidak membuat SPAM